Ngga Nafsu Makan? Nonton Film Lucu Aja?

Psikologi / 8 May 2010

Kalangan Sendiri

Ngga Nafsu Makan? Nonton Film Lucu Aja?

Puji Astuti Official Writer
4311

Tahukah Anda bahwa efek dari tertawa dan olahraga itu sama bagi tubuh Anda? Ya.. sebuah penelitian menemukan bahwa tertawa meningkatkan hormone nafsu makan seperti yang dilakukan oleh olahraga.

Penelitian yang dilakukan oleh Lee Berk, DrPH, MPH  yang menjabat sebagai direktur laboratorium penelitian molecular di Loma Linda University di Loma Linda, California dan rekan-rekannya, menemukan bahwa olahraga ringan dan tertawa efeknya akan sama-sama mengurang stres dan resiko penyakit jantung dan juga meningkatkan nafsu makan bagi mereka yang sudah mulai lanjut usia. Hal ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh kita.

Tertawa mengurangi hormon stres yang bernama kortisol dan katekolamain. Selain itu, sistem kekebalan tubuh Anda akan meningkat dan menurunkan kadar kolesterol dan juga tekanan darah.

Tertawa juga mempengaruhi dua hormone, yaitu leptin dan ghrelin. Ketika kandungan leptin dalam darah turun maka kandungan ghrelin akan naik, dan hal itu menimbulkan efek selera makan menjadi meningkat.

Dalam penelitian ini, para responden diminta menonton film lucu yang durasinya sekitar 20 menit, seperti the Cosby Show dan juga ada film yang meningkatkan stres seperti Saving Private Ryan yang menceritakan perang dunia II.

Peserta diminta menonton secara acak, dan ketika di cek dilabaratorium, mereka yang menonton film lucu kandungan leptin turun sekitar 15 %, tapi yang nonton film perang tidak ada perubahan.

Tertawa itu banyak sekali manfaatnya. Sebab itu, firman Tuhan mengingatkan kita untuk bersukacita senantiasa. Karena kesedihan akan mengeringkan tulang tapi hati yang gembira membuat tubuh sehat.

Sumber : WebMD
Halaman :
1

Ikuti Kami